GLOBALISASI BISNIS (TUGAS 2 SOFTSKILL)


            A.   Pengertian Globalisasi Bisnis

Globalisasi diartikan sebagai suatu pergeseran kegiatan ekonomi kearaha yang lebih
terintegrasi dan saling ketergantungan dalam dunia ekonomi. Dalam globalisasi terdapat dua
komponen yaitu, globalisasi pasar dan globalisasi produksi. Globalisasi Bisnis adalah
gabungan dari dua kata yaitu globalisasi dan bisnis, dari pengertian-pengertian yang sudah
dibahas sudah dapat kita ketahui makna dari kedua kata tersebut, berarti dapat kita artikan
bahwa Globalisasi Bisnis adalah suatu proses atau keadaan bisnis yang bersifat global
mengalami perubahan kegiatan perbisnisan yang lebih terbuka tanpa mengenal batas-batas
teritorial ataupun wilayah baik antar daerah maupun antar negara. Perubahan-perubahan
tersebut terjadi dalam seluruh aspek perekonomian.

Perubahan global telah membawa isu yang berkenaan dengan bisnis besar maupun bisnis
kecil. Dimana perubahan ini memberikan dampak yang nyata yaitu bergesernya bisnis yang
terbatas pada bisnis domestik (nasional) yang terisolasi, karena berbagai akibat seperti
perbedaan budaya, jarak dan waktu menuju kepada sistem bisnis global yang terintegrasi atau
kerjasama yang mempunyai saling ketergantungan satu sama lain. Dan keadaan ini belum
pernah dihadapi sebelumnya oleh manajer bisnis dimana bisnis global ini membawa dampak
berupa peluang dan juga ancaman baru.
·        Globalisasi Pasar, yaitu suatu kejadian dimana berbagai pasar nasional bergabung menjadi satu dan membentuk pasar yang besar dan global (pasar dunia) dengan menciptakan produk yang berstandar dunia atau internasional.

·        Globalisasi Produksi, yaitu berkenaan dengan tendensi antar beberapa perusahaan yang memberikan sumber komoditi dan jasa dari berbagai lokasi yang berbeda di seluruh dunia, dengan mengambil manfaat dari perbedaan nasional tersebut, dalam berbagai hal seperti biaya dan kualitas faktor produksi, agar dapat lebih kompetitif dalam bersaing.


       B.  Pengorganisasian Pemasaran Global

a.     Pertimbangan utama dalam menyususn struktur organisasi adalah apakah perusahaan global harus  menstrukturisasi dirinya berdasarkan lingkup geografis,lini produk,atau lini fungsional.
b.     Tujuannya adalah  Menghindari duolikasi dan mencapai sinergi dalam  mengintegrasikan operasi nasional terpisah ke dalam unit  terkoordinasi.

Dua alternatif yang dipilih dalam merancang struktur organisasi pemasaran global:
1.     Perusahaan menangani bisnis  internasonalnya dengan cara terpisah atau tersendiri.
2.     Perusahaan mengintegrasikan bisnis internasional dengan bisnis domestik melalui pembentukan perusahaan global.
Mengintegrasikan bisnis internasional dengan bisnis domestik melalui pembentukan perusahaan global dapat terjadi intervensi dari kantor pusat.
Bentuk intervensi yang bisa dilakukan oleh kantor pusat :
·        Informing
·        Persuading
·        Coordinating
·        Aproving
·        Directing

C.     Pengembangan Produk Baru Dalam Pemasaran Global

Ada 3 aspek penting yang perlu ditelaah dalam pengembangan produk baru untuk Pasar global.

1.     Identifikasi ide produk baru, yang biasa bersumber dari pelanggan, pemasok, pesaing, wiraniaga perusahaan, distributor dan agen, eksekutif kantor cabang, eksekutif kantor pusat, sumber - sumber dokumentasi dan observasi langsung di lingkungan pasar.

2.     Pembentukan departemen produk baru internasional yang menjalankan 4 fungsi utama :
a.     Memastikan bahwa semua sumber informasi yang relevan dimanfaatkan secara berkesinambungan untuk ide produk baru;
b.     Menyaring dan mengidentifikasi;
c.     Menyelidiki dan menganalisis ide tersebut;
d.     Memastikan bahwa organisasi memberikan komitmen sumber dayanya.

3.     Pengujian produk baru di pasar nasional untuk mengantisipasi segala kemungkinan masalah yang mungkin timbul. 
Dalam hal inovasi produk baru, konsumen biasanya melewati proses adopsi yang terdiri dari 5 tahap, yaitu :
a.     Kesadaran
b.     Minat
c.     Evaluasi
d.     Trial
e.     Adopsi



SUMBER

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 4 Softskill (Individu) - Manajamen Pemasaran Era Revolusi Industri

TUGAS 2 ETIKA BISNIS

TUGAS 2 EKONOMI KOPERASI