GLOBALISASI BISNIS (TUGAS 2 SOFTSKILL)
A. Pengertian
Globalisasi Bisnis
Globalisasi
diartikan sebagai suatu pergeseran kegiatan ekonomi kearaha yang lebih
terintegrasi dan saling ketergantungan dalam dunia ekonomi. Dalam globalisasi terdapat dua
komponen yaitu, globalisasi pasar dan globalisasi produksi. Globalisasi Bisnis adalah
gabungan dari dua kata yaitu globalisasi dan bisnis, dari pengertian-pengertian yang sudah
dibahas sudah dapat kita ketahui makna dari kedua kata tersebut, berarti dapat kita artikan
bahwa Globalisasi Bisnis adalah suatu proses atau keadaan bisnis yang bersifat global
mengalami perubahan kegiatan perbisnisan yang lebih terbuka tanpa mengenal batas-batas
teritorial ataupun wilayah baik antar daerah maupun antar negara. Perubahan-perubahan
tersebut terjadi dalam seluruh aspek perekonomian.
terintegrasi dan saling ketergantungan dalam dunia ekonomi. Dalam globalisasi terdapat dua
komponen yaitu, globalisasi pasar dan globalisasi produksi. Globalisasi Bisnis adalah
gabungan dari dua kata yaitu globalisasi dan bisnis, dari pengertian-pengertian yang sudah
dibahas sudah dapat kita ketahui makna dari kedua kata tersebut, berarti dapat kita artikan
bahwa Globalisasi Bisnis adalah suatu proses atau keadaan bisnis yang bersifat global
mengalami perubahan kegiatan perbisnisan yang lebih terbuka tanpa mengenal batas-batas
teritorial ataupun wilayah baik antar daerah maupun antar negara. Perubahan-perubahan
tersebut terjadi dalam seluruh aspek perekonomian.
Perubahan
global telah membawa isu yang berkenaan dengan bisnis besar maupun bisnis
kecil. Dimana perubahan ini memberikan dampak yang nyata yaitu bergesernya bisnis yang
terbatas pada bisnis domestik (nasional) yang terisolasi, karena berbagai akibat seperti
perbedaan budaya, jarak dan waktu menuju kepada sistem bisnis global yang terintegrasi atau
kerjasama yang mempunyai saling ketergantungan satu sama lain. Dan keadaan ini belum
pernah dihadapi sebelumnya oleh manajer bisnis dimana bisnis global ini membawa dampak
berupa peluang dan juga ancaman baru.
kecil. Dimana perubahan ini memberikan dampak yang nyata yaitu bergesernya bisnis yang
terbatas pada bisnis domestik (nasional) yang terisolasi, karena berbagai akibat seperti
perbedaan budaya, jarak dan waktu menuju kepada sistem bisnis global yang terintegrasi atau
kerjasama yang mempunyai saling ketergantungan satu sama lain. Dan keadaan ini belum
pernah dihadapi sebelumnya oleh manajer bisnis dimana bisnis global ini membawa dampak
berupa peluang dan juga ancaman baru.
·
Globalisasi Pasar, yaitu suatu kejadian
dimana berbagai pasar nasional bergabung menjadi satu dan membentuk pasar yang
besar dan global (pasar dunia) dengan menciptakan produk yang berstandar dunia
atau internasional.
·
Globalisasi Produksi, yaitu berkenaan
dengan tendensi antar beberapa perusahaan yang memberikan sumber komoditi dan
jasa dari berbagai lokasi yang berbeda di seluruh dunia, dengan mengambil
manfaat dari perbedaan nasional tersebut, dalam berbagai hal seperti biaya dan
kualitas faktor produksi, agar dapat lebih kompetitif dalam bersaing.
a. Pertimbangan
utama dalam menyususn struktur organisasi adalah apakah perusahaan global
harus menstrukturisasi dirinya berdasarkan lingkup geografis,lini
produk,atau lini fungsional.
b. Tujuannya
adalah Menghindari duolikasi dan mencapai sinergi
dalam mengintegrasikan operasi nasional terpisah ke dalam
unit terkoordinasi.
Dua alternatif yang
dipilih dalam merancang struktur organisasi pemasaran global:
1. Perusahaan
menangani bisnis internasonalnya dengan cara terpisah atau
tersendiri.
2. Perusahaan
mengintegrasikan bisnis internasional dengan bisnis domestik melalui
pembentukan perusahaan global.
Mengintegrasikan bisnis
internasional dengan bisnis domestik melalui pembentukan perusahaan global
dapat terjadi intervensi dari kantor pusat.
Bentuk intervensi yang
bisa dilakukan oleh kantor pusat :
·
Informing
·
Persuading
·
Coordinating
·
Aproving
·
Directing
C. Pengembangan
Produk Baru Dalam Pemasaran Global
Ada
3 aspek penting yang perlu ditelaah dalam pengembangan produk baru untuk Pasar
global.
1.
Identifikasi ide produk baru, yang biasa
bersumber dari pelanggan, pemasok, pesaing, wiraniaga perusahaan, distributor
dan agen, eksekutif kantor cabang, eksekutif kantor pusat, sumber - sumber
dokumentasi dan observasi langsung di lingkungan pasar.
2.
Pembentukan departemen produk baru internasional
yang menjalankan 4 fungsi utama :
a.
Memastikan bahwa semua sumber informasi
yang relevan dimanfaatkan secara berkesinambungan untuk ide produk baru;
b.
Menyaring dan mengidentifikasi;
c.
Menyelidiki dan menganalisis ide tersebut;
d.
Memastikan bahwa organisasi memberikan
komitmen sumber dayanya.
3.
Pengujian produk baru di pasar nasional
untuk mengantisipasi segala kemungkinan masalah yang mungkin timbul.
Dalam hal inovasi produk
baru, konsumen biasanya melewati proses adopsi yang terdiri dari 5 tahap, yaitu
:
a. Kesadaran
b. Minat
c. Evaluasi
d. Trial
e. Adopsi
SUMBER
Komentar
Posting Komentar